Kamis, 14 Desember 2017

Manfaatkan Komputer atau PC Lama Kamu dengan 8 Cara Ini!

Manfaatkan Komputer atau PC Lama Kamu dengan 8 Cara Ini!

Manfaatkan Komputer atau PC Lama Kamu dengan 8 Cara Ini! - Beberapa tahun belakangan, tren pemakaian PC dan laptop sempat tinggi, sampai lantas untuk yang kesatu kalinya kemunculan smartphone akhirnyamenyimpulkan* tren tersebut. Sampai ketika ini penjualan PC secara global terus merasakan penurunan, laksana yang dilansir dari IDC sebagai lembaga penelitian pasar di Amerika.

Itu dengan kata lain mungkin beberapa dari anda mempunyai komputerindividu yang kini sudah jarang terpakai. Karena dalil lambat dan tidak dapat dibawa ke mana-mana, mungkin menciptakan kalian hendak membuangnya atau menempatkannya di gudang. Begini teknik memanfaatkan PC tua, daripada tidak mempedulikan PC tua itu tidak berfungssi, bakal lebih baik memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna

8 Cara Memanfaatkan PC Tua Kamu! Bisa Jadi Server Pribadi Loh!

1. Uji Coba OS Terbaru yang Lebih Ringan

Kalian suka mengupayakan hal baru? Melakukan instalasi OS teranyar ke PC tua akan menciptakan komputer itu terlihat fresh dan laksana baru. Ada tidak sedikit pilihan sistem operasi pilihan berbasis Linux yang dapat dicoba, contohnya yang populer ialah Ubuntu, SD, dan PinguyOS.

Walaupun OS itu sifatnya open-source, anda tetap dapat mendapatkan tampilan laksana Windows. Kebanyakan OS yang cuma-cuma tersebut pun sudah dilengkapi dengan jutaan paket aplikasi yang dapat digunakan. Di samping itu, OS tersebut pun mampu bekerja pada hardware yang lama. Adapun OS eksklusif yang dirancang guna anak-anak laksana Qimo, DouDou, Sugar, dan Edubuntu.

Baca juga : Kenali 5 Penyebab Laptop Kamu Lemot dan Cara Mengatasinya

Kalau inginkan yang lebih kekinian lagi, barangkali kalian dapat membuat Chromebook versi sendiri di rumah memakai PC tua. Walaupun Chrome OS ini tidak dipasarkan dan didistribusikan secara publik, anda tetap dapat menjajal proyek 'Chrome open-source'. Cara mendapatkannya pun tidak sulit, kalian dapat download secara cuma-cuma melalui website ArnoldTheBat.

2. Membuat Home Server Sendiri

Home server ialah penyimpanan yang terpasang pada jaringan-jaringan kecil guna jaringan lokasi tinggal atau bisnis kecil. Home server dipakai sebagai penyimpanan file yang kemudian dapat dibagikan ke seluruh komputer di jaringan yang sama. Jika kalian mempunyai PC lama dengan tidak sedikit ruang penyimpanan, maka usahakanlah untuk menciptakan home server sendiri.

Kita dapat membuatnya sendiri cuma-cuma menggunakan software FreeNAS. Program tersebut pun mampu berlangsung pada OS apa pun, laksana Windows, MacOS, ataupun Linux. FreeNAS pun mampu menyalurkan media ke OS Mobile laksana iOS dan Android.

Di samping FreeNAS anda juga dapat menggunakan Tonido. Tonido dapat membuat PC anda menjadi home server yang bisa diakses dari mana pun. Dengan kata beda ini, sama laksana kita menciptakan cloud individu sendiri. Dengan memakai Tonido, kita dapat mengganti PC anda menjadi laksana situs web yang bisa diakses oleh perlengkapan apa juga dan di mana pun anda berada.

3. Membuat PC Anonim

Kita mungkin cemas tentang ketenteraman privasi anda di internet. Ada tidak sedikit cara guna menyembunyikan jejak ketika kita mengakses web di internet, salah satunya ialah membuat PC tua anda menjadi suatu* PC Anonim. Bagaimana caranya? Kalian dapat membuat PC Anonim dengan menginstalnya memakai sistem operasi TAILS (The Amnestic Incognito Live System). Sistem operasi itu dibangun di atas Linux Debian, dan bisa dimuat memakai USB flash drive, SD Card, dan DVD untuk mengerjakan booting komputer.

Sistem operasi ini pun kebal terhadap software spyware dan sejenisnya. Salah satu keunggulan OS ini ialah tidak bakal meninggalkan jejak apa pun ketika kita mengakses sistem komputer. Inilah mengapa sistem operasi TAILS disebut pun sebagai sistem operasi anti sadap.

4. Buat PC Multimedia

Jika kalian kegemaran menggunakan layanan _streaming_, usahakanlah untuk menciptakan server media sendiri. Manfaatkan PC lama guna menjadi komputer yang eksklusif dirancang guna memutar audio dan video. Bagi membuatnya lumayan mudah, gunakan software seperti Kodi.

Aplikasi itu dapat berlangsung di OS laksana Windows, Linux, iOS, dan Android. Di samping Kodi ada software yang menawarkan fitur yang samalaksana Plex. Semua layanan tersebut dapat menjalankan streaming pada layanan Amazon Fire TV, Apple TV, Google Chromecast, bermain game, dan beda sebagainya.

5. Buat CCTV Pribadi

Jika terdapat PC lama yang bukan lagi terpakai, usahakanlah memanfaatkannya sebagai CCTV. Yang kalian butuhkan hanyalah kamera webcam dan software iSpy. Gunakan CCTV itu untuk mengawasi rumah, fauna peliharaan, dan lain-lain.

6. Akses Hotspot

Daripada menganggur, bakal lebih baik andai PC lama kalian dipakai sebagai akses hotspot guna berbagi akses internet via WiFi. Dengan menggunakan software* seperti Connectifity, kalian sudah dapat* membuat hotspot sendiri di lokasi tinggal tanpa mesti melakukan pembelian perangkat router lagi.

7. Dijadikan Kerajinan Tangan

Kalau anda kreatif, PC lama atau bahkan yang bobrok sekalipun bisa bernilai jual yang tinggi andai kamu membuatnya menjadi barang yang unik.

8. Digunakan Khusus Bagi Skype

Manfaatkan PC lama khusus guna mengakses layanan Skype. Saat ini Skypepun sudah mendukung nyaris semua sistem operasi populer, bahkan yang teranyar sekalipun.

Nah, itulah 8 teknik memanfaatkan PC tua. Bagaimana menurutmu? Pernahmengupayakan salah satu teknik di atas? Jangan tak sempat shareempiris kamu ya di kolom komentar di bawah ini.

Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :