Jumat, 24 Juni 2016

Bahaya Meningkatkan RAM di Android

Dari sekian banyak permasalahan yang muncul pada perangkat pintar berbasis Android, salah satunya yang sering dikeluhkan oleh pengguna ialah performa yang melambat seiring seringnya mobile phone ini digunakan. Masalah performa melamban atau yang lebih dikenal dengan istilah lag ini hampir dirasakan pada semua mobile phone berbasis Android, baik spesifikasi rendah hingga tinggi. Masalah performa Android yang melemah salah satu faktornya disebabkan oleh RAM yang kecil. Maka banyak orang yang meningkatkan kapasitas RAM dengan harapan bisa meningkatkan performa. Tetapi cara ini cukup bahaya, dan bahaya meningkatkan RAM di Android memiliki dampak yang luas.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bahaya meningkatkan RAM di Android, ada baiknya untuk membahas mengenai overclock. Mungkin masih banyak orang yang awam dengan istilah overclock. Yang dimaksud dengan overclock itu sendiri merupakan istilah untuk meningkatkan kinerja processor menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Walaupun peningkatannya tidak berlipat ganda, tetapi memiliki effort yang cukup terasa.

Dengan semakin besar ukuran overclock suatu mobile phone berbasis Android maka kinerjanya pun akan semakin cepat. Dengan semakin besar ukuran overclock, maka akan semakin besar pula ukuran RAM. Namun besarnya RAM tidak akan selalu menjadi jaminan performa mobile phone berbasis Android. Dan sebenarnya ukuran RAM tidak bisa ditingkatkan, melainkan hanya bisa membuat suatu virtual memory yang menggunakan kapasitas memory eksternal. Dengan penggunaan memory eksternal sebagai virtual memory yang dialokasikan untuk RAM maka bisa membuat umur dari eksternal memory tersebut semakin pendek.

Selain dengan membuat virtual memory dengan memanfaatkan kapasitas memory eksternal, ada juga yang menggunakan memory internal, dan teknik ini sering disebut dengan ZRAM. Teknik ini berfokus pada pemangkasan sebagian besar kapasitas memory internal untuk dialokasikan sebagai memory tambahan untuk RAM. Dan bahaya meningkatkan RAM di Android dengan teknik kedua ini bisa membuat kinerja memory internal menjadi lebih ekstra. Sehingga akan meningkatkan suhu smartphone dan bisa membuat daya tahan baterai menjadi lebih cepat kehabisan daya.

Ada tambahan nih teman, Cuma sekedar promo aja, barangkali aja bermnafaat bagi teman-teman. Salah satu perusahaan terbaik di Surabaya yaitu PT Karunia Mandiri Consultant yang bergerak dalam bidang jasa rental/penyewaan peralatan multimedia meliputi laptop/komputer, screen, proyektor, dan TV Plasma. Jadi kalau teman-teman mau mengadakan acara-acara resmi seperti seminar atau yang lainnya, kalian bisa menggunakan jasa perusahaan tersebut. terima kasih sudah mengunjungi blog kami yaaah..

Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :